ETIKA SOSIAL

Posted: Desember 25, 2011 in Etika sosial, Sosial

Etika adalah suatu aturan yang diberlakukan dengan tujuan untuk menertibkan hubungan dengan orang lain agar bisaq terjalin komunikasi yang baik dan akrab.Jadi etika sosial adalah peraturan yang dianut oleh suatu tatanan sosial yang merupakan hasil kreasi manusia yang diciptakan dengan tujuan untuk menjaga hubungan suatu masyarakat yang baik dan harmonis.

Etika sosial berlaku dalam suatu komunitas tertentu dan mempunyai ciri tersendiri tergantung dimana orang tersebut tinggal dan adat istiadat yang berlaku ditempat tersebut.

Pentingnya etika sosial

Seseorang yang tinggal disuatu tempat yang memiliki adat istiadat tertentu,maka harus mentaati etika sosial ditempat tersebut.yang bertujuan untuk menjaga keharmonisan hubungan antara anggota masyarakat.

Setiap tindakan yang kita lakukan harus sesuai dengan etika sosial yang berlaku didaerah tersebut.Dan masing-masing mempunyai aturan tersendiri untuk menjaga kehidupan yang baik di lingkungannya.

Contoh etika sosial

Berikut adalah contoh etika sosial :

  • Ketika mau masuk kerumah orang lain,maka harus mengetuk pintu dahulu.Yang bertujuan untuk menghargai privasi orang lain dan keberadaan sang tuan rumah.
  • Bertamu tidak boleh di malam hari.Yang bertujuan agar tidak mengganggu istirahat orang lain
  • Di daerah Jawa,kita harus membungkukkan badan ketika sedang lewat didepan orang lain terutama didepan orang tua.Hal ini sebagai simbol penghormatan.

Tinggalkan komentar